10 Hal Yang Harus Dilakukan dan Disiapkan Sebelum Bayi Anda Lahir

/

Saat calon anak anda sebentar lagi lahir tentunya banyak yang harus sudah disiapkan. Persiapan melahirkan lebih dari sekedar memasukkan barang ke dalam tas, anda harus membeli barang-barang yang aman dan diperuntukan untuk bayi, tempat tidur yang nyaman, dan hal-hal lainnya.

Persiapan Sebelum Melahirkan

Persiapan Apa Saja yang Harus Dilakukan Sebelum Waktu Melahirkan Tiba ?

1. Daftarkan Persalinan Anda

Persiapkan

Ini hal yang paling penting dan paling utama, lakukan lah ini dari jauh-jauh hari sehingga Anda atau pasangan Anda tidak akan direpotkan dengan antrian, ketentuan dan syarat-syarat merepotkan yang harus disiapkan untuk masuk rumah sakit.

Tanyakan staf rumah sakit tentang kebijakan pengunjung, apa yang harus Anda bawa sendiri dari rumah, apa yang tidak boleh dibawa. Tanyakan juga tentang barang dan fasilitas apa yang akan disediakan pihak rumah sakit untuk Anda dan bayi Anda sehingga Anda tidak perlu membawa yang tidak perlu.

2. Persiapkan Tempat Tidur Bayi

Persiapkan Tempat Tidur Bayi

Siapkanlah tempat tidur untuk bayi yang senyaman mungkin, empuk, harum dan bersih. Dan usahakan lokasi tempat tidur bayi berada di area lembab udara tidak terlalu panas dan juga terlalu dingin.

3. Pelajarai Hal-Hal Mengenai Bayi

Pelajarai Hal-Hal Mengenai Bayi

Anda akan menyusui bayi anda, pelajarilah bagai mana cara menyusui bayi baik itu waktu untuk menyusui maupun posisi bayi saat menyusui dan hal-hal lainnya. Jika ingin menyusui nya menggunakan pompa ASI pelajarilah cara menggunakannya dan cara membersihkannya.

4. Berbelanja

Berbelanja

Untuk mengurangi kerepotan yang akan menyambut Anda sepulangnya ke rumah sakit nanti, cukupi persediaan perlengkapan kebutuhan rumah tangga, mulai dari popok bayi, tisu basah bayi, kain bedong, waslap, botol, susu formula, deterjen khusus bayi dan deterjen reguler Anda, pembalut, hingga pakaian dalam cadangan. Perlengkapan postpartum lainnya yang direkomendasikan termasuk: obat pencahar atau pelunak feses yang aman untuk ibu (minta rekomendasi dokter kandungan Anda), kompres, obat penghilang nyeri, kain kassa, bantal donat, hingga persediaan bahan makanan segar, kering, dan beku.

5. Bersihkan Rumah

Bersihkan Rumah

Kebanyakan ibu berharap mereka membersihkan rumah sebelum pulang dari rumah sakit. Sangat menyenangkan melihat sesuatu yang rapi dan bagus dan tidak ada barang-barang berantakan di sekitarnya. Namun itu sulit dilakukan, pasca melahirkan sang ibu harus beristirahat dan sang ayah mungkin sedang sibuk dengan pekerjaan nya.

Pikirkanlah tentang mempekerjakan seorang atau pembantu rumah tangga atau minta tetangga atau anggota keluarga datang untuk membantu.

6. Bayar Tagihan dan Iuran Rumah Tangga

Bayar Tagihan dan Iuran Rumah Tangga

Bayar semua tagihan di rumah anda, baik itu air, listrik, cicilan kendaraan agar saat sikecil tiba dirumah anda bisa fokus mengurus sikecil dan tidak memikirkan lagi soal tagihan” yang membingungkan.

7. Babyproof (menata) Rumah Anda

Babyproof (menata) Rumah Anda

Pastikan kamar bayi sudah siap, pakaian dan perlengkapan bayi (kain bedong, seprai, selimut, sarung bantal guling) dan pakaian Anda serta pasangan semua sudah dicuci dan disterilkan. Cuci semua item secara terpisah menggunakan deterjen lembut ramah-bayi dan bebas dari parfum. Anda dapat melakukan babyproofing yang lebih mendetail, seperti menutup ujung-ujung meja dan stop kontak, nanti ketika si kecil sudah lebih aktif.

8. Siapkan Tas Untuk di Rumah Sakit

Siapkan Tas Untuk di Rumah Sakit

Siapkan lah barang-barang yang harus anda bawa saat berada dirumah sakit, seperti:

  • Identitas diri (KTP/SIM), kartu asuransi, formulir dan data-data rumah sakit yang Anda perlukan, daftar nomor telepon penting yang bisa dihubungi
  • Perlengkapan mandi dan kecantikan (makeup, ikat rambut, skin care, pasta dan sikat gigi, sabun dan shampo, sisir, gunting kuku, tisu basah)
  • Baju ganti (t-shirt longgar, handuk, waslap, sarung, pakaian dalam, bra menyusui, kaus kaki hangat), sendal, dan peralatan tidur (bantal atau boneka).
  • Handphone dan charger, pemutar musik, DVD portable — jika perlu
  • Baju salin bayi, juga baju salin Anda, untuk saat check out
  • Camilan
  • Buku dan pulpen

9. Cari Bantuan

Cari Bantuan

Hubungi teman, tetangga, atau keluarga anda untuk membantu anda saat dirumah sakit. Jika Anda memiliki anak-anak yang lebih tua, buat daftar yang ditulis untuk siapa pun yang akan menjaga mereka selama Anda di rumah sakit, jelaskan jadwal harian mereka, tinggalkan nomor penting untuk dihubungi dan instruksi khusus, jika ada.

10. BERDOA

Ber Do'a

Terakhir adalah berdo’a, semua hal-hal diatas tidak mungkin bisa dilakukan tanpa kehendak dari tuhan. Berdo’a lah persalinan anda lancar tidak ada kendala, berdo’a lah agar anda dan bayi anda sehat selalu, dan berdo’a lah hal-hal baik apa yang anda inginkan. Tuhan selalu mendengarkan do’a” umat nya, jadi AYO SERING SERING BERDO’A.

Baca Do’a Ini Ketika Hendak Bersalin

 

Leave a Comment