Close

10 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Manfaat buah manggis untuk ibu hamil sangat banyak sekali. Itulah sebabnya banyak obat-obatan untuk ibu hamil yang bahan dasarnya terbuat dari ekstrak buah manggis.

Konsumsi buah-buahan menjadi salah satu sumber makanan yang dianjurkan, termasuk buah manggis. Tapi tidak semua buah-buahan boleh dikonsumsi ibu hamil lho.. ada beberapa buah-buahan yang TIDAK BOLEH DIKONSUMSI ibu hamil. Sialahkan baca disini “Buah buahan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil“.

Buah manggis sangat aman dan direkomendasikan untuk dikonsumsi. Mengingat ada begitu banyak nutrisi yang terkandung didalamnya. Misal seperti folat yang bermanfaat dalam menurunkan risiko cacat lahir pada janin serta senyawa xanthones dan vitamin C yang penting bagi sistem imun dan berbagai nutrisi lainnya.

manfaat manggis untuk ibu hamil

Popularitas manggis yang mungkin semakin meningkat beberapa tahun belakangan karena ekstraknya, ternyata tak serta merta mempengaruhi manfaat buah manggis sendiri bagi kesehatan bila dikonsumsi. Berikut beberapa manfaat buah manggis untuk ibu hamil yang sebaiknya Anda ketahui.

Manfaat Manggis Untuk Ibu Hamil

1. Mencegah cacat bayi

Ibu hamil membutuhkan folat sebesar 600 mikrogram sepanjang kehamilan. Folat ini diperlukan dalam asupan gizi ibu hamil untuk mencegah cacat bayi yang terjadi pada tulang belakang dan otak.

Manggis kaya akan folat. Ada sebesar 31 mikrogram folat dalam setiap 100 gram daging manggis yang dikonsumsi. Jumlah ini sama dengan 8% dari kebutuhan folat yang dianjurkan setiap harinya.

Konsumsi folat sendiri selama kehamilan sangatlah dianjurkan karena bermanfaat dalam mencegah/menurunkan risiko cacat lahir pada janin, seperti cacat otak, kelainan jantung bawaan, bibir sumbing dan Down syndrome.

2. Buah Manggis Untuk Ibu Hamil Memaksimalkan Pembentukan Tulang pada Janin

Manfaat manggis untuk ibu hamil selanjutnya adalah karena buah ini mengandung sekitar 0,3 miligram mangan dalam setiap 50 gram buahnya.

Semua ibu hamil membutuhkan mangan untuk membantu pembentukan jaringan tulang rawan dan sistem tulang pada janin.

Kesempurnaan fisik bayi ditentukan dari jumlah kecukupan asupan mangan. Buah manggis sangat baik dikonsumsi saat mulai tanda-tanda kehamilan di trimester pertama.

Bahkan mangan juga memiliki peran yang sangat penting untuk membentuk janin yang sehat dan terlindungi dari kanker.

Buah manggis untuk ibu hamil membantu memaksimalkan pembentukan tulang rawan dan sistem rangka pada janin. Ini karena buah manggis kaya akan sejunlah mineral, seperti tembaga, magnesium juga mangan. Lebih jauh, buah manggis juga bersifat anti-inflamasi yang sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi linu panggul yang rentan dialami saat kehamilan.

3. Mengatasi lelah untuk ibu hamil

Kulit buah Manggis memiliki kemampuan sebagai anti-inflamasi (anti-peradangan). Kandungan ekstrak etanol dalam kulit buah Manggis mampu meredam radikal bebas secara kuat.

Senyawa ini sangat baik untuk ibu hamil karena ibu hamil biasanya merasa lebih lelah terutama untuk bagian panggul dan kaki.

Mengonsumsi buah manggis secara rutin akan mengurangi semua efek samping alami yang muncul selama kehamilan.

4. Mengatasi sembelit

Gangguan pencernaan, seperti sembelit pada ibu hamil tergolong hal biasa. Ada berbagai penyebab yang melatarbelakanginya, mulai dari peningkatan hormon progesteron, rahim yang membesar dan menekan usus, konsumsi obat penambah darah dan lain sebagainya.

Untuk menghindari rasa sakit perut karena sembelit saat hamil adalah dengan memperbanyak makanan tinggi serat, ibu hamil bisa mengonsumsi manggis untuk memenuhi kebutuhan serat ini.

Dalam setiap 50 gram manggis mengandung sekitar 3,7 gram serat. Kebutuhan serat ibu hamil sekitar 26 gram serat per hari. Serat pada buah manggis akan mengurangi rasa sembelit yang Mama rasakan selama kehamilan.

5. Membentuk sistem kekebalan tubuh

Ibu hamil membutuhkan makanan sehat yang memberi dukungan agar imun tubuh kuat selama kehamilan.

Manggis kaya dengan sumber vitamin C, dan di dalam setiap 50 gram manggis mengandung sekitar 5,8 miligram vitamin C. Sementara ibu hamil membutuhkan sekitar 86 miligram vitamin C per harinya.

Senyawa xanthones dan vitamin C yang terkandung dalam buah manggis berperan penting dalam banyak fungsi vital tubuh, termasuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang optimal, menstimulasi produksi dan fungsi leukosit serta membantu melawan radikal bebas yang berbahaya.

Kebutuhan vitamin C baik untuk meningkatkan kesehatan Mama, menjaga kesehatan janin agar tidak mudah terkena infeksi.

6. Mencegah Pre-eklampsia

Preeklampsia atau preeklampsia adalah sindrom yang ditandai dengan tekanan darah tinggi, kenaikan kadar protein di dalam urin (proteinuria), dan pembengkakan pada tungkai (edema).

Preeklampsia dialami oleh ibu yang sedang hamil, terutama para ibu muda yang baru pertama kali hamil. Kondisi ini disebabkan karena adanya masalah pembuluh darah yang mengalami tekanan selama kehamilan, karena pola makan yang buruk dan riwayat tekanan darah tinggi sebelum hamil.

Kondisi ini bisa menyebabkan keguguran, kematian ibu dan janin, kelahiran prematur dan cacat janin.

Konsumsi buah manggis akan mengurangi semua resiko preklamsia, setidaknya 2 buah sehari. Manfaat manggis untuk ibu hamil mampu mempengaruhi tekanan darah dan penyerapan protein di dalam darah.

7. Menurunkan kolesterol

Mengonsumsi manggis secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol jahat. Gamma mangostin yang terdapat di dalam manggis dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol jahat.

Sedangkan polifenol yang juga terdapat pada manggis dapat menurunkan kadar kolesterol secara keseluruhan di dalam tubuh. Dengan terjaganya kadar kolesterol, Anda akan terhindar dari stroke maupun serangan jantung.

Buah buahan untuk ibu hamil seperti manggis, baik untuk ibu hamil karena rendah kalori dan juga tidak mengandung kolesterol.

8. Mencegah stretch mark

Selama hamil kulit bagian perut ibu hamil akan merenggang sesuai dengan perkembangan janin yang terus membesar. Perlu sesuatu yang bisa membuat elastisitas kulit tetap terjaga dan mampu kembali seperti semula setelah kelahiran.

Manggis memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C juga mendukung agar kulit ibu bisa menjadi lentur sesuai dengan kondisi dan ukuran janin.

Kandungan vitamin C dan nutrisi lainnya pada buah manggis tentu saja membantu memelihara kesehatan kulit dengan baik. Bahkan dalam hal ini mencegah stretch mark yang berlebihan pada ibu hamil.

9. Mengontrol detak jantung

Kandungan mineral (tembaga, mangan, dan magnesium) di dalam kulit manggis mempunyai beberapa manfaat dalam pengontrolan detak jantung serta tekanan darah agar senantiasa stabil.

Manggis juga merupakan buah yang mengandung banyak kalium. Kalium diperlukan oleh ibu hamil untuk mengontrol detak jantung, memelihara kesehatan jantung janin dan juga sistem tekanan darah.

Manggis bermanfaat untuk melindungi ibu hamil dan janin dari berbagai gangguan penyakit jantung. Kalium juga bisa didapatkan dari buah kurma.

10. Menurunkan Risiko Diabetes Gestasional

Diabetes gestasional adalah tipe diabetes yang terjadi pada ibu hamil, biasanya hadir setelah usia 28 minggu atau pada trimester ketiga.

Kondisi ini terbilang berbahaya, Seperti ukuran bayi yang terlalu besar, preeklampsia hingga keguguran.

Selain dengan rutin berolahraga dan menjaga asupan makanan agar tidak terjadi kelebihan berat badan, kondisi ini dapat dicegah dengan mengonsumsi buah manggis dalam jumlah cukup selama kehamilan. Karena buah manggis mengandung asam tanat dan senyawa OPC (oanthomer proanthocyanidin complexes) yang dapat membantu mempertahankan kadar gula darah normal sekaligus melindungi tubuh dari efek berbahaya diabetes selama kehamilan.

Dan itulah 10 manfaat buah manggis untuk ibu hamil dan janin. Selain menjaga kesehatan kehamilan dengan buahmanggis, ibu hamil juga harus menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi. Baca: Makanan dan minuman yang enak dan sehat untuk dikonsumsi ibu hamil

Related Posts

2 thoughts on “10 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *