Penyebab Sakit Pinggang Saat Hamil dan Cara Ampuh Mengatasinya

/

sakit pinggang saat hamil

Sakit pinggang saat hamil adalah sesuatu yang biasa terjadi. Hal ini terjadi karena selama kehamilan, wanita akan mengeluarkan lebih banyak hormon relaksin yang menyebabkan ligamen dan struktur-struktur yang menempelkan tulang dengan sendi meregang terutama di bagian panggul.

Rasa sakit di pinggang juga dipengaruhi oleh ukuran janin yang bertambah besar, sehingga turut menambah beban yang ditanggung oleh punggung dan pinggang. Sakit pinggang saat hamil ini dapat juga dirasakan menjalar ke kaki.

Tetapi jika tidak ditangani dengan baik, kondisi ini dapat berdampak buruk kepada kenyamanan ibu hamil dalam jangka panjang. Pada sebagian kasus, sakit pinggang juga dapat menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan yang lebih serius.

Penyebab Sakit Pinggang Saat Hamil

1. Berat Badan Bertambah

Selama masa kehamilan, berat badan akan cenderung bertambah dan harus memiliki tulang belakang yang kuat untuk menopang berat itu. Berat bayi dan rahim memberikan tekanan pada pembuluh darah dan saraf di panggul dan punggung yang menyebabkan sakit pinggang pada awal kehamilan.

2. Perubahan Postur Tubuh

Saat masa kehamilan, postur tubuh akan berubah karena otot-otot perut yang meregang. Anda mungkin mengalami sakit pinggang karena otot-otot perut yang meregang.

3. Stres

Stres emosional dapat menyebabkan ketegangan otot di punggung, yang menyebabkan nyeri pinggang atau kejang pinggang.

4. Kegemukan

Anda mungkin mengalami sakit pinggang selama kehamilan karena kelebihan berat badan. Pekerjaan berat atau cedera pada pinggang Anda juga dapat menyebabkan nyeri pinggang saat kehamilan.

Meskipun sakit pinggang identik dengan kehamilan, itu bisa disembuhkan!

Cara Meringankan Sakit Pinggang Selama Kehamilan

Di sini kami memberikan beberapa tips dan trik untuk membantu Anda mengatasi sakit pinggang selama awal kehamilan.

1. Ketahui Batasan Anda

Cobalah untuk tidak mengangkat benda-benda berat. Jika Anda harus membungkuk untuk mengambil sesuatu yang berat, angkatlah dengan cara yang benar. Angkat dengan cara tekuk lutut atau jongkok terlebih dahulu > pegang benda tersebut > lalu angkat.

2. Postur yang Baik

Hindari duduk atau berdiri dalam waktu lama. Gunakan bangku atau kursi istirahat dan hindari berdiri dengan satu kaki. Duduklah secara berkala jika Anda harus berdiri dalam waktu lama.
Duduklah di kursi yang nyaman, atau taruh bantal di kursi untuk Anda bersandar. Duduklah dengan tegak.

Di tempat kerja atau saat mengemudi, pertimbangkan penyangga untuk kursi Anda seperti menaruh bantal yang nyaman di kursi tersebut. Cobalah untuk tidak menyilangkan kaki Anda, dan periksa apakah posisi layar dan kursi komputer Anda sudah benar.

3. Tidur

Tidurlah dengan posisi miring. Gunakan bantal / penopang yang nyaman untuk membuat tidur lebih nyaman, atau letakkan bantal di antara lutut dan yang lain di bawah perut Anda.

Jangan pernah minum obat apa pun tanpa memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu, karena dapat menyebabkan komplikasi pada kehamilan nanti.

4. Akupunktur

Akupunktur adalah bentuk pengobatan Tiongkok yang menggunakan jarum tipis untuk merangsang titik-titik tertentu pada tubuh Anda untuk meringankan sakit pinggang akibat kehamilan. Penelitian telah menunjukkan bahwa akupunktur dapat efektif dalam menghilangkan nyeri pinggang bawah selama kehamilan secara alami!

5. Pemanas Atau Kompres Es

Bantalan pemanas atau kompres es dapat membantu mengurangi sakit pinggang untuk sementara waktu. Pijat juga dapat membantu wanita hamil yang mengalami nyeri punggung bawah.

6. Pikiran yang Bagus

Pikiran yang tenang membuat pinggang lebih longgar. Anda dapat mencoba yoga dan meditasi yang akan menenangkan pikiran dan pinggang Anda.

7. Diet yang Bergizi

Jaga agar berat badan kehamilan Anda tetap terkendali.

Diet seimbang dan bergizi adalah aspek penting dari kehamilan. Mengikuti diet yang sehat, menyeimbangkan karbohidrat, lemak, dan protein, dan makan berbagai buah dan sayuran.

Berhenti mengkonsumsi kafein saat Anda diet. Baca: Makanan dan Minuman Yang Wajib Dihindari Saat Masa Kehamilan

 

Leave a Comment