Wakaf Al-Qur’an Menurut Al-Qur’an dan Hadist

/

Wakaf Al-Qur’an Adalah Shadaqah Jariyah Terbaik

Wakaf Al Quran

Apa wakaf al-quran itu ? Apa hukum wakaf al-quran ? Wakaf alquran terdiri dari dua kata yaitu wakaf dan alquran, nah untuk membahas dasar hukum wakaf alquran kita harus membahasnya dari dasar hukum wakaf. Mariliah kita lihat dasar hukum wakaf dahulu. di nukil dari beberapa sumber :

Dalam Al Qur’an memang tidak di temukan secara eksplisit tentang hukum wakaf, namun secara umum al quran memerintahkan untuk menafkahkan harta benda untuk kebaikan di jalan Allah swt (infaq fi sabilillah). Wakaf termasuk Infaq fi sabilillah, karena itulah dasar hukum wakaf ini mengacu pada keumuman ayat-ayat Al Qur’an yang menginformasikan tentang Infaq fi sabilillah tersebut sebagaimana dalam surat Ali Imran ( QS 3:92) di kutip di bawah ini :

Ali Imran 3-92

Artinya : ” Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebaikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya “.

Begitu juga dijelaskan dalam surat Al-Baqarah ( QS 2 : 267 ) bahwa:

Wakaf Al-Qur'an Menurut Al-Qur'an dan Hadist 1

Artinya : ” Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji. “.

Allah SWT memberikan stimulus yang luar biasa besarnya terhadap orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah (infaq fi sabilillah) akan memperoleh pahala yang berlipat ganda sebagaimana diinformasikan dalam Surat Al-Baqarah ayat 261 bahwa:

Wakaf Al-Qur'an Menurut Al-Qur'an dan Hadist 2

Artinya : ” Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. ”

Dikutip dari situs Rumaysho di jelaskan bahwa Wakaf termasuk Amal Jariyah.

 

Leave a Comment